Kamis, 16 September 2010

Sejarah Motor Antik AJS (Albert John Stevens)

Salam Ototik!!! (OTOmotif anTIK) hehe
di tulisan ini saya akan membahas tentang motor classic yaitu AJS. tentunya buat penggemar motor classic sudah tidak asing lagi dengan keberadaan AJS. atau bahkan para pembaca ada yang sudah mengoleksi AJS??


Oke bro, tidak masalah anda dah punya AJS ato blum (yg blum semoga cepet dapet, hehe) karena yang saya akan bahas adalah dari sisi historis atau sejarah. Nah lo, dah pada tau belum? Bila ada yang sudah tau monggo menambahkan info juga... :)
Rasanya ada yang kurang kalo menaiki 'besi tua' ini tanpa tau kenapa namanya AJS. ato bahkan AJS tu singkatannya apa ya?hehe...

Baiklah ini di jawabannya,,,
AJS adalah nama (baca: merk) dari motor asal Inggris yang lahir pada tahun 1909 (sumber lain ada yang mengatakan 1910). AJS dibuat oleh empat dari lima bersaudara Stevens (anak dari Blacksmith). Awalnya mereka hanya membuat mesin untuk motor pada tahun 1897. Untuk mematenkan nama mesin tersebut, mereka memperkenalkan nama baru untuk motor tersebut. Setelah dengan berbagai pertimbangan, akhirnya memakai nama inisial dari Saudara pertama yaitu Jack yang mempunyai nama Cristian Albert John. Alhasil lahirlah sebuah nama AJS yang merupakan singkatan dari Albert John Stevens.



AJS sangat legenderis kala itu karena mampu memecahkan 117 rekor dunia dalam balapan. Namun pada tahun 1931 AJS terlilit permasalahan finansial dan akhrinya pada tahun 1938 tergabung dalam AMC (Associated Motorcycles) bersama Matchless, Norton, Francis Barnett dan James.

Nah itu sekilas tentang awal kelahiran dan kehidupan AJS. untuk pembahasan tentang motor AJS tu sendiri insya Allah akan menyusul. Oke buat pembaca kalo ada yang punya pengalaman dengan AJS silahkan sharing dengan otomotif-antik ya....!!!
Tengkyu....
Salam OTOTIK!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.