Senin, 06 September 2010

ANTIK

Kata antik memang identik dengan sesuatu yang sudah sangat berumur alias tua. Namun bagi saya tidak semua barang tua bisa dikatakan antik. Ada faktor-faktor lain yang bisa mendukung sehingga sesuatu benda bisa disebut dengan “antik”.

Faktor pertama adalah bernilai seni. Nah untuk seni sulit untuk bisa diucapkan dengan kata-kata . Karena ini berkaitan dengan rasa, dan rasa berkaitan dengan pemaknaan seseorang terhadap suatu objek. Sehingga setiap orang menpunyai definisi seni yang berbeda-beda. Akhirnya seni pun bergantung pada selera masing-masing. Dan ketika kita memandang suatu objek dalam perspektif seni, maka kenyamanan dan kepuasan hati terjadi dan itu yang terkadang sulit dipahami oleh orang lain. Tentu anda juga pernah merasakannya.

Faktor yang kedua adalah historis. Historis adalah nilai sejarah suatu objek. Objek akan lebih bermakna jika mempunyai nilai sejarah tersendiri bagi seseorang. Semakin besar sejarah yang terukir maka semakin besar pula makna yang diberikan oleh seseorang terhadap objek tersebut.

Paling tidak 2 hal itu adalah faktor yang menurut saya suatu objek bisa dikatakan antik. Lalu bagaimana dengan anda, apakah anda mempunyai pandangan tersendiri?

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.